3 Cara Cerdas Kelola Bonus Akhir Tahun, Simak di Sini

3 Cara Cerdas Kelola Bonus Akhir Tahun, Simak di Sini

JAKARTA – Mendekati tahun terakhir, bonus akhir tahun akan diperoleh banyak orang dari tempatnya main. Bonus tersebut biasanya akan digunakan untuk bepergian bersama keluarga untuk menanti momen pergantian tahun.

Namun, mendapat bonus akhir tahun bukan berarti harus menghabiskan seluruh uang itu dengan segera. Ketika mendapatkan bonus, disarankan mengambil tindakan untuk menetapkan tujuan keuangan yang akan dicapai sehingga persen tidak habis begitu saja.

Dilansir dari The Balance, Jakarta, Jumat (25/12/2020), mengelola bonus akhir tahun tersebut akan membantu seseorang mengubah tradisi kurang baik ke arah dengan lebih positif dalam mencapai arah keuangan. Pengelolaan bonus tersebut mampu diatur dengan pengelolaan jangka pendek.

Baca Pula: 5 Cara Siapkan Dana Kritis Tahun Depan

Berikut telah Okezone memiliki 3 cara mengelola bonus simpulan tahun untuk jangka pendek.

1. Buat Sedekah Darurat

Bagian pertama yang dapat dilakukan untuk mengelola bonus akhir tahun adalah menyisihkannya untuk dana darurat. Persediaan tersebut dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran tak terduga, seperti bea perbaikan kendaraan, sakit, dan sebagainnya.

Sifat dana gawat ini adalah untuk berjaga-jaga ketika terjadi sesuatu, uang untuk menutupi kebutuhan tersebut masih dimiliki.

 

2. Bagi Anggaran Bulanan

Menyiapkan anggaran bulanan sebenarnya tak menyita banyak waktu. Anggaran tersebut bertujuan untuk membantu seseorang pada mengelola keuangannya dan membuat kesimpulan keuangan yang tepat. Anggaran merupakan rencana pengeluaran yang dibuat buat bulan tersebut dan membantu mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu difokuskan.