4 Tips Memulai Usaha Sampingan agar Cuan

JAKARTA – Menjadi pekerja kantor tidak menutup peluang buat bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya dengan melakukan usaha sampingan.

Namun terkadang tanda kerja pekerja kantoran tidak bisa disesuaikan untuk menyelenggarakan bisnis sampingan. Tapi tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan meminta tumpuan kepada keluarga, pasangan, ahli, atau bahkan merekrut karyawan. Seperti dikutip dari buku Bisnis Sambilan Langkah Depan Menjadi Enterpreneur Sukses susunan Bambang Suharno, Sabtu (4/3/2021).

Baca Juga:   5 Ide Bisnis Online untuk Emak-Emak 

1. Dikelola Bersama Tanggungan

Usaha dengan model ini biasanya dilakukan oleh para-para pekerja kantoran yang mau memulai bisnis sampingan. Mampu melibatkan jasa orang sampai umur dan saudara untuk menolong bisnis. Biasanya ada dengan menbuka toko kelontong, bengkel, rental mobil, dan lain-lain. Keuntungan dari model usaha ini adalah bisa mengatur langsung, mengatur keuangan, merekrut karyawan dengan lebih tepat. Keterlibatan orang tua atau ahli bisa untuk membantu bagian administrasi dan keuangan.

2. Dikelola Pasangan

Jika seorang laki-laki, dan istri tidak bekerja tetapi memiliki kemampuan manajemen merupakan jalan baik. Sebab ibu rumah tangga biasanya memiliki daya membimbing yang baik serta lebih detail soal keuangan. Suami bisa berfungsi buat memikirkan konsep yang bertambah besar dan memberikan paham baru mengenai bisnis yang diperoleh dari tempat kegiatan. Jika kelak usaha semakin berkembang, sebaiknya beranikan diri untuk resign dari pekerjaan utama dan fokus ke bisnis.