6 Cara Hindari Konflik di Wadah Kerja, Nomor 5 Paling Pelik Dijaga

6 Cara Hindari Konflik di Wadah Kerja, Nomor 5 Paling Pelik Dijaga

JAKARTA – Konflik yang terjadi di tempat kerja terkadang sulit dihindarkan. Namun jika peristiwa tersebut terjadi, akibatnya berpengaruh pada kondisi psikologis dan memengaruhi daya kerja.

Oleh sebab itu, meski sedang ada pertikaian yang melanda, sebagai pekerja kudu tetap profesional. Mengutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (5/12/2020), berikut cara-cara menghindari konflik di tempat kerja.

1. Ciptakan iklim positif dan hindari pikiran negatif

Menciptakan suasana kerja yang positif dan elegan akan berdampak pada kualitas kemampuan. Sehingga dapat meminimalisir konflik.

Baca Juga: Begini 4 Cara Berkomunikasi Baik dengan Bos saat WFH

2. Tidak perlu mencampuri urusan pribadi rekan kegiatan

Jangan mengikuti mencampuri urusan pribadi rekan kerja, sekalipun itu teman dekat. Selain tidak etis akan membuat risih rekan kerja.

3. Jangan menghakimi kesalahan seseorang di depan ijmal

Semarah apapun, hindari menghakimi orang lain di depan umum apalagi rekan kerja di biro. Sebaiknya pikirkan waktu dan situasi yang tepat jika ingin menyadarkan atau meminta pertanggung jawaban tempat kesalahan yang diperbuat.

Baca Juga: Siap WFH Selamanya? Hal-Hal Ini Perlu Dipikirkan

4. Santun berkomunikasi

Semua kembali lagi kepada temperamen dan sikap personal masing-masing. Sebisa mungkin jaga sopan santun ketika berada di mana saja, pertama di tempat kerja.