6 Langkah Menentukan Konsultan Keuangan Terbaik

JAKARTA awut-awutan Mempekerjakan seorang konsultan keuangan sama dengan mempekerjakan seorang kepala keuangan selama bertahun-tahun lamanya. Konsultan keuangan dengan baik akan membantu bermacam-macam masalah keuangan, baik mereka keluar, atau bahkan mencegah masalah terjadi.

Menemukan orang atau kongsi yang tepat mungkin memerlukan waktu yang lama, namun investasi waktu akan benar bermanfaat dalam jangka panjang. Berikut adalah enam siasat untuk membantu menemukan konsultan keuangan terbaik, dilansir sejak The Balance, Jumat (9/4/2021).

Pahami jenis konsultan keuangan

Kurang konsultan keuangan menawarkan servis perencanaan keuangan tetapi tak menawarkan layanan manajemen investasi, ada juga mengelola investasi tetapi memberikan sedikit perencanaan keuangan, dan lain sebagainya.

Mengucapkan Juga: Tips Keluar daripada Jeratan Utang Kartu Nama

Buat itu, perlu mengetahui jenis-jenis layanan konsultasi keuangan & disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ringkasan singkat dari tiga jenis utama layanan konsultan keuangan:

kepala Perencanaan keuangan berfokus dalam semua aspek pengaturan keuangan seperti merancang tabungan ataupun asuransi.

semrawut Layanan konsultasi investasi difokuskan pada keputusan manajemen investasi seperti investasi apa dengan akan dimiliki, investasi ulung dipilih hanya sebagai periode dari proses perencanaan keuangan yang berkelanjutan.

– Perencanaan dana purna bakti difokuskan pada bagaimana mengoordinasikan Jaminan Sosial, pajak, investasi, rencana pensiun, tanggal pensiun, dan lain-lain, sehingga segenap selaras dengan tujuan simpanan pensiun yang akan dimiliki.

Menyuarakan Juga: Masa Tua Banyak Duit, Ini Pentingnya Perencanaan Tabungan Pensiun

Cari konsultan dengan sertifikasi yang kredibel

Tak semua sertifikasi sama. Beberapa organisasi membuat sertifikasi dengan mudah diperoleh dengan biaya tertentu sehingga orang bisa memperoleh sertifikasi dengan barangkali dan tampak seperti terampil. Carilah konsultan yang mempunyai sertifikat terkemuka, seperti CFP (Certified Financial Planner) ataupun PFS (Personal Financial Specialist), atau konsultan investasi yang memiliki sertifikat CFA (Chartered Financial Analyst).

Ketahui cara konsultan keuangan diberikan kompensasi

Ada banyak cara konsultan keuangan menggunakan biaya untuk layanan itu, tetapi konsultan keuangan yang paling obyektif dan tidak bias adalah yang fee-only. Untuk menyewa konsultan keuangan terbaik, perlu mengetahui cara membayar mereka, seperti penentuan biaya berbasis aset, imbalan per jam, dan lain-lain.

Pahami memperlawankan antara konsultan fee-only serta konsultan non-fee-only. Konsultan non-fee-only mungkin dapat menerima macam sogokan atau insentif lain dari perusahaan mereka bersandarkan pemenuhan tujuan atau sasaran penjualan.