9 Kiat Renovasi Rumah di Tengah Ancaman Resesi

9 Kiat Renovasi Rumah di Tengah Ancaman Resesi

JAKARTA – Ekonomi sedang sulit karena pandemi virus corona. Bahkan, Indonesia segera menyusul negara-negara yang sudah mengalami resesi.

Lantas tepatkah melangsungkan renovasi rumah di tengah kondisi era ini? Jika Iya, apa sekadar yang mesti disiapkan.

Selain ciri rusaknya beberapa bagian dari rumah membuat rumah harus melalui tahapan renovasi. Namun untuk melakukan peremajaan tersebut membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Agar nantinya hasil yang diinginkan sesuai dengan harapan.

Salah satu persiapannya adalah membuat gambaran kerja. Adapula besaran dana yang harus diperhitungkan.

Melansir dari buku Peremajaan Rumah Mulai 7 Juta susunan Yogi Suwandaru, Yusuf Fathur, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Berikut beberapa teknik merenovasi rumah.

1. Tentukan skala prioritas.

Tentukan prioritas zona mana yang akan direnovasi terlebih dahulu, terutama jika terkendala masalah biaya. Pastikan, ruangan yang direnovasi terlebih dahulu merupakan ruangan yang benar-benar dibutuhkan.

2. Buat gambar kerja.

  Gambar kerja sangat dibutuhkan, berbekal gambar kegiatan tahapan renovasi dapat dilakukan. Gambar kerja juga berperan untuk mengontrol penggunaan material dan menghemat waktu.

3. Menerbitkan kondisi sekarang.

Cari tahu kondisi bangunan sebelum dibongkar, perhatikan posisi instalasi, serupa pipa air, pipa buangan, dan pipa kabel. Posisi struktur bangunan serta dimensinya jelas perlu diketahui, hal tersebut berguna sebagai asas dalam memulai renovasi.

4. Dana yang dibutuhkan.

Ketika tulisan sudah didapat, tentukan dan kurang kembali dana yang dibutuhkan. Tentunya dapat memilih kebutuhan mana yang dapat ditinggalkan jika terkendala dengan biaya yang melebihi dana.

5. Buat takwim kerja.

  Rencana memulai dan mengakhiri renovasi perlu dibuat dalam satu kalender kerja. Dengan seperti itu, nantinya akan mengetahui durasi renovasi berada dalam waktu yang tepat ataupun tidak.

6. Pilih pekerja yang kompeten.

Keterampilan dan kerapihan saat bekerja membuat proses peremajaan cepat selesai dengan hasil yang bagus, sehingga dikemudian hari tak akan muncul masalah baru.