Berhati-hati dan Orang Terdekat dengan Transaksi Online

Berhati-hati dan Orang Terdekat dengan Transaksi Online

JAKARTA – MNC Bank mencatatkan peningkatan total volume transaksi pada e-channel cukup pesat seiring dengan pemberlakuan Penyekatan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah sejak awal April. Pemimpin Direktur MNC Bank, Mahdan mengutarakan telah terjadi peningkatan volume transaksi perbankan elektronik dan daring bulanan pada Mei 2020 dibandingkan status Maret 2020 sebelum pemberlakuan PSBB.

Internet Banking MNC Bank yaitu MNC eBizz Banking mencatat volume transaksi pada Mei 2020 meningkat 16, 1% dipadankan pada Maret 2020. Begitupun aplikasi seluler MNC mBanking yang mendokumentasikan volume transaksi pada Mei 2020 meningkat 33, 7% dibandingkan di Maret 2020. Di sisi asing volume transaksi kartu kredit MNC Bank di situs e-commerce di Mei 2020 meningkat 5, 8% dibandingkan Maret 2020.

  Baca juga: MNC Bank Jadi Dukung Pemulihan Perekonomian Nasional

“Berbagai rintangan istimewa dari Pandemi COVID-19 mendorong umum bertransaksi dengan secara elektronik maupun digital, ” ujar Mahdan di keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Lebih lanjut, Mahdan mengatakan transaksi secara daring dasar meningkat karena masyarakat merasa lebih terjaga keamanannya, baik bagi muncul sendiri maupun orang terdekat dipadankan transaksi fisik. Namun, ada konvensi masyarakat dalam bertransaksi daring dengan rawan dimanfaatkan pelaku kejahatan.

  Baca  juga: Dukung Bank Indonesia, MNC Bank Capai Target Distribusi Kartu Bertambah Awal

Kebiasaan yang dimaksud adalah menggunakan tanggal lahir sebagai PIN ataupun Alamat untuk masuk kedalam aplikasi. Penerapan tanggal lahir diri sendiri jadi PIN ataupun Kata Sandi disebabkan kenyamanan karena pasti tidak tersia-sia. Namun tanggal lahir adalah salah satu PIN ataupun Kata Isyarat terlemah terhadap eksploitasi social engineering.

Bagi yang terlanjur menggunakan tanggal lahir sebagai PIN ataupun Kata Sandi, lebih cantik segera mengubahnya dan melakukan mutasi secara berkala. Merepotkan memang, namun lebih aman. Alternatifnya adalah menggunakan aplikasi yang sudah mengintegrasikan sifat biometrik seperti sidik jari ataupun wajah untuk login atau mengakar kedalam aplikasi. Hal tersebut selain jauh lebih aman, juga menyerahkan kenyamanan karena tidak lagi perlu mengingat dan mengganti PIN atau Kata Sandi secara berkala.

“Memang banyak adaptasi dengan harus dilakukan masyarakat dalam fase normal baru, mulai dari menyelenggarakan norma baru sehari-hari, hingga rasam bertransaksi daring secara aman. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, dalam waktu dekat MNC Bank akan meluncurkan aplikasi integrated banking solution dengan salah satu fiturnya adalah penggunaan login biometrik, sehingga lebih gampang, aman dan juga nyaman, ” pungkas Mahdan. (rhs)

(rhs)

Loading…