Daftar Miliarder di Balik Kemenangan Joe Biden

Daftar Miliarder di Balik Kemenangan Joe Biden

JAKARTA – Joe Biden berhasil memenangkan pemilihan presiden (pilpres) AS bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, mereka akan dilantik pada Januari 2021. Di pulih keberhasilan Biden meraih suara tertinggi sepanjang sejarah pilpres AS, ternyata ada barisan orang kaya yang mendukungnya.

Melansir Forbes, Senin (9/11/2020), sejak Juli lulus ada lebih dari 70 miliarder dan pasangan mereka yang menimbrung membiayai pencalonan Biden dengan derma hingga jutaan dolar. Sementara buat mendukung kampanye petahana Presiden Donald Trump, setidaknya ada 27 miliarder yang telah menyumbang.

Membaca Juga: Joe Biden Jadi Kepala AS, Ekspor RI Diprediksi Meroket

Lima tumbuh orang Amerika terkaya yang menjunjung Biden memiliki kekayaan bersih yang jika digabung sekitar USD160, 4 dolar AS (Rp2. 200 triliun), dengan investasi di bidang teknologi, kosmetik, keuangan, hingga industri makanan. Berikut adalah fakta tentang itu berdasarkan data Komisi Pemilihan Federal per 14 Oktober 2020.

1. Pasangan Steve dan Connie Ballmer

Steve Ballmer yang ialah mantan CEO Microsoft bersama istrinya memiliki kekayaan bersih USD69, tujuh miliar. Istrinya Connie Ballmer membantu lebih dari USD100. 000 pada tim sukses Biden sejak introduksi tahun, USD510. 000 untuk gerakan Demokrat dan USD7 juta kepada kelompok bipartisan pendukung Biden.

 

2. Jacqueline Mars

Cucu dari Frank C. Mars, pendiri perusahaan permen Mars Incorporated itu memiliki kekayaan bersih USD28, 9 miliar. Dirinya yang mewarisi sekitar sepertiga dari warisan perusahaan menyumbangkan USD500 untuk kampanye Biden pada Januari, dan USD1. 000 buat kampanye senator Demokrat pada Maret. Putranya, Stephen Badger juga menyumbangkan lebih dari USD17. 000 kepada Demokrat.

3. Pasangan Jim dan Marilyn Simons

Pendiri Renaissance Technologies dan istrinya memiliki kekayaan bersih USD23, 5 miliar. Istrinya Marilyn telah menyumbangkan lebih sejak USD20 juta untuk tujuan kebijakan federal, termasuk USD978. 400 buat Biden Action Fund dan 4 juta dolar AS untuk Priorities USA Action pro Biden.