Harbolnas 12

Harbolnas 12. 12 Bisa Dongkrak Daya Beli Masyarakat

JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) balik diperingati di tanggal cantik. Kesempatan ini adalah Desember 2020 atau 12. 12. Momentum kali ini adalah perayaan Harbolnas di akhir tahun.

Ketua Umum Koalisi e-Commerce Indonesia (idEA) Bima mengutarakan, setidaknya dalam Harbolnas besok telah ada 200 e-commerce yang mau meramaikan kegiatan tersebut. Mereka tersebut terdiri dari para pedagang mungil dan besar.

Baca Pula: Harbolnas 12. 12 Iphone Dijual Rp12 Ribu, Netizen Bandingkan dengan Beras

“Ada lebih dari 200 pendaftar yang terdiri dari e-commerce besar serta kecil. Tapi ada beberapa yang mundur dengan berbagai pertimbangan terpaut kondisi saat ini, ” prawacana Bima kepada Okezone, Sabtu (12/12/2020).

Dengan kondisi zaman ini yang masih dalam gerakan sebagai dampak pandemi, pihaknya sebagai pengelola acara Harbolnas memang berputar agar acara tahunan ini mampu membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia, baik itu merek besar, UMKM, juga konsumen.

Baca Juga: Hindari Penipuan Belanja Online, Jangan Bayar Memakai Debit

“Tahun ini kami mendapat dukungan dibanding kementerian dan juga sektor perbankan, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi dukungan untuk keluaran lokal dari kategori fesyen, kuliner, dan kriya. Konsumen akan menyabet potongan harga Rp 50 ribu per transaksi dengan minimal pembelian Rp100 rib di beberapa marketplace yang ditunjuk.

“Sementara Bank Mandiri juga memberi pertolongan potongan harga sebesar Rp75 seperseribu per transaksi. Untuk promo ini, syarat yang ditetapkan adalah minimal pembelian Rp150 ribu setelah promo merchant dengan menggunakan kartu nama dan debit Mandiri. Kartu volume juga bisa digunakan ya, tidak hanya kartu kredit, ” ujarnya.