Memahami Rumah Lampu, Cara Ampuh Membuat Cahaya Buatan yang Cantik

Memahami Rumah Lampu, Cara Ampuh Membuat Cahaya Buatan yang Cantik

JAKARTA – Cahaya dalam suatu ruang bisa dibagi menjelma dua macam. Yakni, cahaya sintetis dan cahaya alami.

Membahas mengenai yang keluaran, cahaya tersebut biasanya berasal sejak bohlam atau lampu yang dipasang di beberapa sudut ruang. Bohlam sendiri dilengkapi dengan lighting fixture dan pelengkap lampu yang dikenal dengan luminaire (rumah lampu).

  Baca juga: 3 Jalan Pilih Marmer yang Cocok untuk Rumah Minimalis dan Klasik

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memasang suatu lampu, ada baiknya untuk memahami kaum jenis rumah lampu yang dijumpai pada hunian tinggal. Melansir dari buku Tata Cahaya Interior Panti Tinggal karya Putri Dwimirnani & Mariana Rahman, Jakarta, Kamis (13/8/2020), berikut jenis-jenis cara menata vila lampu:

1. Recessed-mounted luminaires (Rumah lampu taman)

Rumah untuk lampu ini ditanam pada elemen interior, sesuai yang terletak pada ceiling, dinding dan lantai. Peletakkan rumah lampu ini membuat sumber cahaya dan rumah lampu tidak terlihat sebab terbenam di dalam material interior. Jenis rumah lampu tersebut sanggup dibedakan berdasarkan sudut cahaya yang dihasilkan.

  Baca juga: Pencahayaan di Bagian Kerja Bikin Karyawan Makin Kaya, Ini 5 Cara Mengaturnya

2. Surface-mounted luminaires

Jenis rumah lampu berikut ini merupakan rumah lampu dengan peletakkannya menempel pada elemen interior. Oleh karena hal tersebut, rumah lampu beserta sumber cahaya akan terlihat dengan jelas.

3. Decorative luminaires

Rumah lampu Decorative luminaires adalah jenis rumah lampu yang memiliki bentuk dan bersifat dekoratif. Pemindahan rumah lampu dekoratif ini mengarah bersifat bebas, bergantung dengan nafsu makan pengguna rumah dan permainan desain dari interior atau lighting designer.

  Baca juga: 4 Cara Simpel Mengatur Kamar agar Tak Membosankan

4. Free-Floor-Standing luminaires

Jenis rumah lampu tersebut lebih dikenal dengan dengan standing lamp atau lampu berdiri. Vila lampu ini diletakkan di dasar dengan posisi berdiri sebagai sebuah objek yang mandiri. Biasanya, dimanfaatkan sebagai pemanis interior.

(rzy)

Loading…