Menko Luhut soal Proyek Bandara Kediri, Beroperasi 2023

KEDIRI – Menteri Pemimpin Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan berkesempatan meninjau progres pembangunan Bandara Kediri sudah dari Kota Batu. Kunjungan Menko Marves ini ke Bandara Kediri berlangsung di dalam Senin 26 April 2021.

Di Kediri sendiri selain meninjau kelanjutan pembangunan Bandara Kediri, Luhut Panjaitan juga sempat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dan Jambar Pesantren Lirboyo Kediri. Pada Lirboyo, Luhut sempat melayani pertemuan tertutup dengan para-para kiai sepuh dari Jawa Timur.

Baca Juga:   Megaproyek Gudang Garam di Kediri, dari Bandara hingga Bulevar Tol 

Luhut berpesan agar Surya Dhoho Imvestama, PT Gudang Garam, pemerintah kota, serta pemerintah kabupaten Kediri buat turut menjaga dan menanggung pembangunan Bandara Kediri yang rencananya beroperasi awal 2023.

“Tadi Berapa persen sudah 51%, negeri ada yang belum tapi sudah beres, pekerjaan wujud sedang berjalan, Tol Road tadi sama Pak Tumenggung juga sudah, ” ucap Luhut kepada awak jalan, Senin (27/4/2021) malam.

Sementara itu Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menuturkan, sejumlah lahan desa milik warga ada dengan belum dibebaskan. Namun pihaknya berkomitmen bakal menyelesaikan dengan baik dan persuasif.

“Memang ada beberapa lahan yang belum dibebaskan selaku pemkab saya terus melakukan pendekatan secara persuasif. Kurang lebih ada 16 KK, sekitar 1, 53 Hektar atau sekitar 0, 4 Persen. Sebenarnya tidak begitu siginifikan, dan jadi Bupati Kediri ini menjelma tugas saya menyelesaikan nyelondoh ke warga masyarakat, ” terang Hanindhito