Menko Luhut: UMKM Harus Berani Berpikir Out of The Box

Menko Luhut: UMKM Harus Berani Berpikir Out of The Box

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa sebanyak 3,4 juta unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah masuk ke dalam sistem digital.

Pihaknya selalu percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional ditengah pandemi ini, seperti halnya hari ini. Dirinya benar-benar mengapresiasi seluruh langkah yang telah ditempuh semua pihak untuk merealisasikan capaian target onboarding UMKM ke sektor digital.

Baca Juga: UMKM Diguyur Rp106 Triliun Selama Covid-19

“Hingga akhir November ini saya dilaporkan sebanyak 3,4 juta unit UMKM sudah masuk ke dalam sistem digital. Ini lebih besar dari harapan kami yang jumlahnya tembus 70% lebih tinggi daripada target yang telah kami tetapkan,” ujar dia, dikutip dari Instagram Luhut, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, UMKM Minta Pemerintah Jor-joran Belanja

Alih-alih membuatnya puas, Menko Luhut malah meminta mereka untuk menargetkan pada akhir tahun 2022 nanti target tersebut harus meningkat keangka 18,6 juta unit yang sudah onboarding.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tahun depan kami akan berprioritas dalam peningkatan permintaan terhadap produk UMKM/IKM (Indonesia Artisanal) hingga peningkatan peran aktif para Pemerintah Daerah. Selain itu saya juga meminta peningkatan kualitas produk sehingga memperkuat posisi UMKM sebagai high value product, bukan hanya produk yang biasa saja untuk itu kita juga harus berani berpikir out of the box,” ungkapnya.