Percantik Rumah dengan Aksen Kayu, Nuansanya Alam Banget

Percantik Rumah dengan Aksen Kayu, Nuansanya Alam Banget

JAKARTA – Kayu merupakan salah satu elemen kawasan yang biasanya digunakan untuk suplemen pada hunian. Bisa sebagai lagu kalimat lantai bahkan dinding hunian.

Penggunaan elemen kayu tersebut pada material bangunan baik dalam jumlah sedikit atau banyak akan memperkuat karakter yang ingin ditampilkan. Ketika aksen kayu dihadirkan di dalam jumlah yang sedikit akan membina kayu hanya terlihat sebagai benang merah dalam merangkai kekakuan hunian, namun jika aksen kayu menonjol pada hunian, akan membuat bangunan menjadi berkesan kokoh dan lebur dengan alam.

Baca selalu: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini enam Cara Menyiasatinya

Hadirnya kayu saat ini sebagai elemen atau aksen pada tempat semakin diminati. Salah satunya penerapan kayu sebagai hiasan rumah, pokok kayu dapat dianggap memiliki multiperan dalam bangunan. Pasalnya dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan mulai dari pondasi, kolom, struktur atap, dinding, lantai, plafon, kusen, daun pintu, daun jendela bahkan furnitur.

Seperti yang dilansir dari buku 21 Desain Rumah Kayu susunan Griya Kreasi, Jakarta, Minggu (6/9/2020). Sering pula dijumpai, penggunaan kayu sebagai struktur atap yang dapat menghasilkan keindahan struktur rangka terutama rangka atap tanpa plafon.

Baca juga: Mengejawantahkan Ruang Keluarga Nyaman tapi Gaya, Kap Lampu Jadi Solusi

Kayu memiliki tekstur yang lembut dan menyejukkan ruangan, sehingga membuat ruangan lebih terasa sejuk, nyaman dan terasa lebih dekat dengan nuansa alam. Tetapi dalam penggunaannya, kayu yang dimanfaatkan harus dengan kayu yang memiliki kualitas bagus dan kayu berlelah-lelah.

Seperti jenis semak besi, jati dan bangkirai, semak jenis ini kuat terhadap pukulan rayap. Namun, kayu jenis itu untuk harga dapat terbilang langka.