Perdana 8 Juta UMKM yang Eksis di Pasar Daring

Perdana 8 Juta UMKM yang Eksis di Pasar Daring

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat ada 60 juta pelaku Usaha Mikro Kecil Membuang (UMKM). Namun, dari total sebanyak itu hanya baru 8 juta pebisnis UMKM yang baru melaksanakan transformasi digital atau eksis dalam pasar daring.

“Sedangkan jumlah total dari UMKM tunggal lebih dari 60 juta, mutakhir 8 juta yang eksis di e-commerce, ” kata Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam dalam konferensi pers secara maya, Senin (21/9/2020).

Baca Selalu:   Manfaatkan Teknologi, UMKM Masuk Pasar Global

Dia menjelaskan, nilai transaksi ekonomi di internet sepanjang tahun 2019 itu mencapai USD 45 miliar atau Rp600 triliun. Tapi, sayangnya dari total transaksi itu yang digunakan untuk berbisnis di e-commerce hanya sekitar 30%.

“Dengan hal ini kita kudu lihat 70% harus dilihat sebagai peluang bagi teman-teman kriya sebagai memenuhi kebutuhan pasar, ” ujarnya.

Baca Pula:   Ini Keunggulan UMKM Indonesia

Menurut dia, dengan adanya pandemi Covid-19 dengan masih melanda beberapa negara dalam berbagai belahan dunia, maka suatu transformasi digital harus segera dilakukan oleh para pelaku usaha. Pokok, wabah itu mengharuskan setiap pembicaraan tidak dilakukan dengan cara tatap muka.

“Artinya, sekarang kalau untuk berjualan tidak sedang bertransaksi secara fisik, pemasarannya mampu dilakukan melalui digital. Demikian pembicaraan bisa internet atau digital, ” katanya.

(kmj)