Perolehan ke-13 Masuk Kantong PNS, Tanpa Lupa Bayar Cicilan KPR

Perolehan ke-13 Masuk Kantong PNS, Tanpa Lupa Bayar Cicilan KPR

JAKARTA – Cairnya gaji 13 kemarin menjadi kabar bahagia bagi para Aparatur Sipil Negeri (ASN) di seluruh Indonesia. Pasalnya, gaji-13 sudah sangat ditunggu-tunggu kehadirannya orang para ASN.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, gaji 13 jangan semuanya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari atau foya-foya. Bisa sebagian disisihkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya adalah buat meringankan beban cicilan kredit perumahan bagi yang sudah mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Adapun taksiran yang disisihkan tidak perlu terlalu besar yakni hanya sebesar 25% saja.

Mengaji Juga:   Soal Pelanggaran Netralitas PNS, Menteri Tjahjo: Kalau Perlu Diberhentikan

Nantinya anggaran ini bisa digunakan untuk meringankan atau mengurangi biaya pohon cicilan. Pembayaran tersebut bisa berarti untuk mengurangi biaya cicilan atau lamanya cicilan.

“Karena misalnya, mereka menerima gaji 13 gede kan ada beberapa adat keuangan yang bisa menurunkan pohon kredit, kita bisa kurangin, ” kata Andi saat dihubungi Okezone, Selasa (11/8/2020).

Jadi salah satu contohnya adalah misalnya cicilan perumahan yang tadinya 20 tahun, dengan pembayaran ini oleh sebab itu biaya cicilan per bulan ataupun lamanya waktunya cicilan bisa dikurangi. Misalnya yang biasa cicilan Rp2 juta bisa dikurangi menjadi Rp1 juta atau yang tadinya lamanya cicilan 20 tahun bisa dikurangi jadi 10 tahun.

Baca Juga:   Anggaran Gaji ke-13 PNS Bengkak Siap Rp28, 8 Triliun, Ini Rinciannya

“Misalnya KPR masih ada cicilan KPR misalnya Rp200 juta tuh. Misalnya eh saya ada duit Alhamdulillah ada duit bonus Rp50 juta”, zona itu bisa kita bayarin buat mengurangi pokoknya kreditnya itu sebetulnya. Otomatis akan menurunkan cicilan kita tadi ke depannya. Biasanya dikasih pilihan sih mau menurunkan total cicilannya atau mau dipersingkat itu siapa tahu salah satu alokasi sejak gaji 13 selain kebutuhan sehari-hari, ” jelasnya.

Ataupun jika belum mengambil KPR, mampu digunakan untuk membayar cicilan ataupun melunasi utang kredit. Karena untuk mereka yang belum menikah lazimnya mulai mengambil cicilan kendaraan bermotor atau mobil.

“Terus jangan lupa juga misalnya membangun ada beberapa single yang sudah mulai nyicil motor, nyicil mobil beli rumah gitu kan. Jika alokasikan untuk kalau memungkinkan jika mengurangi untuk biaya cicilannya, ” kata Andi.

(kmj)

Loading…