Resesi! Ekonomi AS Anjlok 32% Terburuk Sepanjang Sejarah

Resesi! Ekonomi AS Anjlok 32% Terburuk Sepanjang Sejarah

JAKARTA Amerika Serikat (AS) mencatat kemajuan ekonomi minus hingga 32, 9% pada kuartal II-2020. Ini kendati menjadi pertumbuhan ekonomi terburuk karena pandemi virus corona.

“Ekonomi pada kuartal II menjadi sorotan karena ini merupakan lubang yang sangat dalam untuk ke luar dari sana. Itu hendak memakan waktu lama, ” perkataan Kepala Ekonom Moody’s Analytics Mark Zandi, dilansir dari CNBC, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga:   AS Resesi dengan Pertumbuhan Minus 32%, Harga Minyak Anjlok

Dengan pertumbuhan ekonomi yang kembali minus, AS pula mengalami resesi. Di mana di dalam kuartal I, ekonomi turun 5%.

Kontraksi terlihat sejak konsumsi masyarakat, ekspor hingga investasi. Konsumsi turun hingga 25%, dalam mana kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi menyumbang sekira dua pertiga dari semua aktivitas di AS.

Baca Juga:   Harga Minyak Naik Dipicu Amblesnya Persediaan di AS

Dari sisi investasi juga mengalami penurunan, seperti dari daerah automotif hingga properti terkena dampak pandemi virus corona. Barang-barang seperti pakaian dan alas kaki pula mengalami penurunan.

Pertumbuhan ekonomi akibat virus corona menjelma yang terparah. Di mana kuartal terburuk sebenarnya terjadi pada krisis keuangan 2008 dengan penurunan had 8, $. Kemudian pada 1958, ekonomi AS juga sempat turun hingga 10% dan terburuk sepanjang sejarah terjadi pada kuartal II-1921. (feb)

(rhs)

Loading…