Sedang Awal Bulan, Hindari 4 Kesalahan Ini Dalam Menyimpan

JAKARTA – Menyimpan merupakan hal wajib dengan harus dilakukan dalam tata keuangan. Namun pernahkah berpikir setelah sekian lama menabung namun hasilnya tidak lekas bertambah:

Situasi itu bisa saja terjadi karena ada yang salah dengan cara menabung. Akan tetapi jangan khawatir karena ada banyak cara yang semoga untuk mengganti kebiasaan menyimpan yang salah itu.

  Baca juga: Pentingnya Dana Darurat, Bisa Kendalikan Berterima Tak Terduga

Mengutip buku 10 Langkah Menjadi Financial Planner untuk Diri Sendiri Istimewa Karyawan karya Lutfi Trisandi Rizki, SE, MM, RFA, CFP, QWP, AEPP, & Iin Susanto, Minggu (7/3/2021) hindari kesalahan ini dalam menabung agar hasilnya tetap dan bertambah:

1. Tidak Menabung Sejak Awal

Menabung memang kudu dipaksakan. Agar merasa ada motivasi maka harus mempunyai tujuan yang jelas. Cara memaksakan diri untuk menabung adalah melakukannya di pembukaan, yaitu sesaat setelah menerima gaji. Dengan begitu tidak akan lagi tergoda buat menghabisakan uang dengan boros. Jika perlu gunakan ATM agar susah untuk mengambilnya. Kebiasaan ini akan membuat kebiasaan baik yang bakal berdampak pada hidup dalam masa depan.

  Baca selalu: Lakukan Hal Ini biar Gaji Tak Cuma Numpang Lewat

2. Menabung Minus Tujuan

Jika hanya menabungkan sisa-sisa uang receh kembalian, itu artinya menabung tanpa bahan. Hal ini tidak mau memotivasi diri untuk menyimpan dengan nominal yang lebih banyak. Untuk itu, menyimpan perlu tujuan. Setelah bahan ditetapkan, pisahkan uang dana ke dalam rekening khusus agar tidak tercampur dengan uang kebutuhan sehari-hari.