SENDI I Menghilang, Kini 40 Bank Berlomba-lomba Penuhi Pangkal Inti Rp2 Triliun

BOGOR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan kecil modal bank saat itu sebesar Rp2 triliun. Dengan demikian tidak ada sedang bank-bank konvensional dengan modal inti Rp1 triliun ataupun Bank BUKU 1.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto mengatakan, Bank BUKU 1 sudah mampu menaikan modal. Adapun salah satu caranya dengan melakukan penggabungan biar modal intinya meningkat.

“Bank BUKU 1 hilang. Tahun ini pangkal bank minimum Rp2 triliun. Masih ada sekitar 40 bank berlomba penuhi itu, yang tidak akan kita didorong untuk konsolidasi, ” ujarnya, di Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/5/2021).

Baca Pula:   Wow! 5. 000 Kantor Bank Tutup Pengaruh Digitalisasi 

Dia mengatakan, peningkatan pangkal bank ini bukan arah mengeleminasi bank-bank kecil. Akan tetapi sebaliknya agar memperkuat bank tersebut untuk menghadapi digitalisasi perbankan membutuhkan modal besar.

“Kita tak ingin ada kegagalan bank ini. Bank kecil tetap hidup, bisa penggabungan atau konsolidasi. Misalnya Bank Serba banyak diambil BCA jadi bank digital, ” ujarnya.

“Jadi ketika diakusisi pemilik modal besar serta jadi kuat, bank mungil semakin kuat dan lengah kalau konsolidasi itu mengeleminasi, ” sambungnya.

(dni)