Vaksin Covid-19 Sinovac Datang, Pengusaha: Tiba Ada Harapan

Vaksin Covid-19 Sinovac Datang, Pengusaha: Tiba Ada Harapan

JAKARTA – Vaksin Sinova asal negeri tirai buluh China telah tiba di Indonesia. Vaksin covid-19 produksi dari kongsi asal China Sinovac ini dikirim ke Indonesia sebanyak 1, dua juta dosis.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, kehadiran vaksin memberikan peluang kepada industri pelayaran untuk kembali berkembang. Hal ini tentu menjadi angin segar karena selama pandemi, industri pelayaran menjadi salah satu sektor yang tergerus.

Mengaji Juga: Sri Mulyani Sebut Vaksinasi Covid-19 100 Juta Orang Butuh Zaman

“Terus terang dengan kesulitan yang dihadapi, tentunya dengan adanya vaksin sebetulnya (ada harapan), ” ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (14/12/2020).

Namun adanya Vaksin, lanjutnya, pengusaha pelayaran bisa melanjutkan pekerjaan yang sebelunya tertunda akibat pandemi Covid-19. Meskipun jumlah vaksin yang datang baru 1, 2 juta dosis saja.

Baca Juga: Harga Vaksin Covid-19 Rp100 Ribu, Kemahalan Enggak?

“Walaupun vaksinnya hadir 1, 2 juta kelihatannya sedang harus ada ke fase tiga belum keluar, ” ucapnya.

Meskipun begitu lanjut Carmelita, para pengusaha masih wait and see untuk melakukan investasi. Sebab, selain permasalahan covid ada kurang hal yang mempengaruhi kinerja sejak industri pelayaran tersebut.